Selasa, 16 April 2013

8 Langkah Pada Cara Membuat Batik


Apakah Anda tertarik untuk membuat batik sendiri? Atau Anda ingin belajar untuk menciptakan seni yang indah. Atau mungkin Anda hanya mencari tutorial tentang cara membuat batik. Dalam artikel ini Anda menemukan apa yang Anda inginkan.

Alat untuk membuat batik:

Beberapa alat-alat di sini adalah dalam jangka Indonesia tapi aku yakin Anda akan mengerti.

1. Mori kain (bisa terbuat dari sutra, katun, atau campuran kain polyester)
2. pensil
3. Canting (ini adalah untuk menciptakan desain menggunakan lilin)
4. Gawangan (ini adalah tempat untuk menggantung kain saat Anda membuat desain)
5. Liquid lilin
6. kecil pan
7. Kecil kompor (untuk memanaskan lilin)
8. Solvent pewarna

Di sini kita pergi, kita siap untuk membuat batik.

1. Pertama tentang cara membuat batik, kita membuat pola awal atau desain dengan menggunakan pensil. Di Indonesia pola ini dalam langkah ini disebut "molani". Untuk para pembuat batik ahli, mereka mampu menciptakan motif mereka sendiri. Tapi untuk pemula, disarankan untuk mengikuti motif-motif umum yang tersedia.

2. Setelah Anda selesai membuat molani, langkah selanjutnya adalah melukis dengan lilin cair dengan menggunakan canting dengan mengikuti pola yang telah dibuat sebelumnya.

3. Menutupi bagian-bagian yang akan tetap berwarna dengan menggunakan lilin. Gunakan canting pada bagian rinci dan menggunakan kuas pada area yang luas.

4. Langkah keempat adalah proses pewarnaan dengan mencelupkan kain ke dalam pewarna pelarut tertentu.

5. Pengeringan dengan kain yang telah dicelupkan.

6. Jika Anda ingin memiliki beberapa warna, maka langkah nomor 3, 4, dan 5 harus diulang beberapa kali tergantung pada berapa banyak warna yang Anda inginkan.

7. Bila warna seluruh bagian kain telah berubah, sekarang saatnya untuk merebusnya dengan air panas. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghilangkan lilin sehingga motif yang telah dibuat dapat dilihat dengan jelas. Di Indonesia, proses ini disebut "nglorot".

8. Tentu saja hal ini kain batik perlu dicuci untuk menjadi bersih. Ini adalah proses terakhir dari pembuatan batik. Cuci dan keringkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar