Selasa, 30 April 2013

Kompas.com Ikut Rayakan Hari Batik Nasional

Portal berita Kompas.com turut merayakan Hari Batik Nasional tahun 2012, dengan memasang motif batik sebagai latar belakang halaman utama .

Motif batik yang didominasi warna coklat ini dipasang sejak 2 Oktober dini hari, sebagai apresiasi kebanggaan dan turut melestarikan batik Indonesia.

Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional, setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 17 November 2009 menerbitkan Keputusan Presiden No. 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.

Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO) mengakui batik sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009, lewat keputusan komite 24 negara yang bersidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Batik Indonesia dinilai sarat dengan teknik, simbol, dan budaya yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat sejak lahir hingga meninggal.

Selain batik, UNESCO juga mengakui wayang (2003), keris (2005), dan angklung (2010) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi khas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar