Selasa, 30 April 2013

Pemilihan Putra-Putri Batik Kembali Digelar

jang pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara kembali digelar. Pada penyelenggaraan tahun lalu di bulan September, ajang ini diikuti oleh 600 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Menurut Tantie Koestantia selaku Ketua Panitia Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara (PPBN) 2012, ajang tersebut terbuka untuk umum dan pendaftaran telah dibuka .

"Pendaftaran berakhir tanggal 25 Agustus pada pukul empat sore. Pendaftaran bisa melalui website kami," ungkapnya kepada wartawan di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu

Ia menjelaskan ajang PPBN menghasilkan duta-duta batik yang memperkenalkan batik tak hanya kepada generasi muda Indonesia, namun juga orang asing. Salah satunya adalah bekerja sama dengan dinas pariwisata daerah untuk menjadikan finalis PPBN sebagai duta batik di daerahnya masing-masing.

"Tahun lalu, kami ajak ke Pekalongan dan Semarang, kami bekerjasama dengan Pemda (pemerintah daerah) setempat, untuk melakukan tur ke tempat-tempat pembuatan batik," jelas Tantie.

Oleh karena itu, persyaratan bagi peserta pemilihan tersebut adalah mengenal batik dan berwawasan luas. Tentu saja, memiliki penampilan yang menarik, menjadi salah satu kriteria bagi peserta yang berminat ikut dalam ajang PPBN

"Jika dia bisa membatik, itu bisa menjadi nilai tambah. Dari 28 finalis tahun lalu, semuanya bisa membatik dan memiliki prestasi akademik," ungkap Tantie.

Kriteria peserta, lanjutnya, harus berumur 18-25 tahun dan telah lulus SMA. Peserta yang lolos akan melalui proses karantina, sehingga diperlukan persyaratan telah lulus SMA. Tantie menuturkan bahwa setiap peserta memiliki intelegensia yang cukup tinggi atau berbakat seni.

"Seperti salah satu finalis tahun lalu, Dokter Bambang. Saat ini sedang mengambil spesialis jantung. Dia sudah menulis buku tentang batik bahkan sebelum mengikuti ajang PPBN," jelasnya.

Pentingnya unsur akademik sebagai kriteria penilaian dalam ajang tersebut juga selaras dengan hadiah yang ditawarkan. Tantie menjelaskan untuk pemenang pertama akan mendapatkan hadiah berupa beasiswa S2 di Universitas Pelita Harapan.

Ajang PPBN diselenggarakan oleh Ikatan Pecinta Batik Nusantara dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pendaftaran peserta bisa dilakukan melalui situs ini. Malam final akan  di Balai Kartini, Jakarta, bertepatan pada saat perayaan Hari Batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar