Rabu, 19 Desember 2012

Dandan Pakai Batik, Semenit Jadi

Siapa bilang pakai batik ribet dan makan waktu? Dengan cara tepat, memakai kain batik bisa dilakukan dalam waktu satu menit. Enny Sukamto membuktikannya dalam talkshow bertajuk "Woman and Drapery Batik" di Living World Alam Sutera, Serpong.

Mantan model yang kini berusia 57 tahun itu memeragakan cara mengenakan kain baik sebagai bawahan tanpa perlu menjahitnya menjadi rok ataupun celana. "Yang pasti, setiap batik memiliki corak tersendiri sehingga cara pemakaiannya pun berbeda-beda," kata Enny, yang ditemani oleh Anya Dwinov sebagai pemandu acara. "Yang penting jangan dipotong atau dipotong miring biar badannya enggak kelihatan pendek," tambahnya.

Untuk menyiasati bentuk tubuh yang kurang ramping, penggunaan batik dapat dilakukan dengan memanfaatkan tali atau pita untuk menyambung ujung-ujung kain. "Supaya bagian perutnya tidak kelihatan besar, bagian depan dilipat ke dalam dan lurus ke bawah," kata Enny, seraya menyarankan untuk tidak memakai peniti karena akan merusak kain batik.

Dalam satu kain batik, biasanya pola yang digunakan sama. Ada juga yang memiliki tumpal atau corak yang berbeda dari pola seragam pada kain batik tersebut. Tumpal ini bisa ditaruh di depan atau di samping dengan hiasan ploi. Ujung kainnya bisa diikat dengan karet, lalu ikatan ini dibentuk menyerupai kembang mawar.

"Begini saja enggak bakal melorot. Dandan semenit selesai," katanya.

Kain batik sebagai busana bawahan ini dapat dipasangkan dengan beragam baju atasan. Enny menyarankan agar perempuan tidak ragu mengenakan blus, t-shirt, atau tank top, untuk bagian atas. Bagi wanita berbadan besar, sebaiknya menggunakan atasan yang menutup perut dan pinggang. Jika kain batik yang digunakan kain panjang, Anda dapat pula menjadikannya gaun terusan. Dengan kain sepanjang 3 meter, misalnya, Anda dapat membuat tiga hingga lima model gaun terusan yang cantik tanpa memotong dan menjahitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar