Selasa, 21 Mei 2013

Internetan di Pesawat Batik Air

Selama ini naik pesawat terbang selalu diminta untuk mematikan jaringan seluler, karena takut mengganggu navigasi penerbangan. Namun sebentar lagi berselancar di dunia maya saat terbang dengan pesawat bukan hal yang aneh lagi di Indonesia, karena Batik Air menyediakan fasilitas itu.

Untuk pertama kalinya dalam dunia penerbangan komersial Indonesia, ada maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas WiFi di atas pesawat. Ya, anak usaha Lion Mentari Air itu, yang direncanakan beroperasi tanggal 26 April mendatang, akan dipasang WiFi dan channel distribution.

Dengan adanya fasilitas ini maka para penumpang bisa dengan leluasa berselancar di dunia maya di atas pesawat. Direncanakan pesawat Batik Air akan datang dua unit pada tanggal 16 April.

Jika tidak ada perubahan pada 26 April 2013 Batik Air air beroperasi menggunakan pesawat Boeing 737 - 900ER. Hal ini diungkapkan oleh Edward Sirait, Direktur Umum Lion Air, seperti dilansir Tribunnews.

Rusdi Kirana, Direktur Utama Lion Air mengatakan, penerbangan perdana Batik Air akan menempuh rute Jakarta - Balikpapan - Manado pada pagi hari dan sore hari, dengan jumlah kursi berjumlah 180 seats.

Di dalam pesawat akan tersedia fasilitas perangkat WiFi, sehingga penumpang tetap dapat melakukan komunikasi dengan siapapun. Channel distribution Telkomsel di atas pesawat yang memberikan penawaran kartu perdana dan pengisian pulsa di atas pesawat.

"Batik Air beroperasi mulai minggu depan, sudah dipasang WiFi, tinggal perizinan dalam proses," ujar Rusdi Kirana, Rabu (10/4).

Rusdi menambahkan, untuk armada Batik Air ini, pihak menginvestasikan sekitar 2,5 juta dolar AS per pesawat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia pun berencana untuk memberikan fasilitas telekomunikasi di atas pesawat, namun hingga kini belum terealisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar