Selasa, 16 April 2013

Sejarah Batik Minangkabau


Minangkabau disebut batik batik liek tanah, karena batik adalah berasal dari Sumatera Barat adalah salah satu dari warna tanah liek The, yaitu tanah liat. Ada berbagai sumber pewarna alami. Ada kulit jengkol, rambutan kulit, gambir, kulit mahoni, daun dan akar jerame lain juga digunakan.

Batik Tanah Liek historis berasal dari Cina yang dibawa oleh pedagang Cina. Karena kecantikan wanita Minang untuk mengambil keuntungan dari ini selendang batik. Harganya relatif mahal dan hanya digunakan pada acara-acara khusus saja. Dalam acara yang hanya digunakan oleh ninik mamak dan BUNDO KANDUANG, atau model kustom. Selendang ini selalu dipertahankan oleh orang Minang sebagai peninggalan leluhur kerajinan.

Jika adopsi dari banyak motif batik lokal lainnya flora, tanah liek batik terinspirasi banyak Pessel hewan laut seperti kuda laut, dan biota lainnya. Dikatakan Ketua Dekranasda Pessel Nasrul Mrs wartawan abit disebabkan topografi daerah yang terletak di pantai sehingga masyarakatnya sangat akrab dan dekat dengan laut. Sehingga kehidupan laut yang beragam dan memiliki keindahan tersendiri menjadi inspirasi untuk menciptakan karya seni atau kerajinan tangan seperti batik.

"Ada Pessel Batik motif 9, 6 motif laut dan motif bunga, yaitu kaluak paku ke tepi kain," kata wartawan pekerja keras yang mengangkat potensi daerah ini ke dunia luar didampingi pengurus Dekranasda, Suryani . Sejarah batik berasal Pessel memasak liek sejak zaman kuno, ketika bentuk batik scarf hanya dikenakan untuk acara adat. Warna batik hanya ada dua, warna tanah dan hitam.

Tanah warna yang diperoleh dengan merendam kain dalam larutan tanah liat. Sementara kulit hitam jengkol diperoleh dari solusi dengan cara merendam dalam air. Seiring pasar perkembangan zaman, dan tuntuan, batik liek Pessel berkembang menjadi memasak berbagai fashion seperti baju stelan, pakaian jubah, jilbab dan baju koko atau baju untuk laki-laki. Setiap warna sesuai selera pasar yang semakin beragam.
Ada warna-warna cerah, seperti merah, pink, biru, warna hijau untuk berbaur warna-warna lembut dan indah. Kain sutra dasar tidak hanya ringan dan nyaman tapi juga ada santung dobi dan lain-lain. Sampai saat ini tanah liek Pessel batik sudah terbang di mana-mana, baik di dalam dan luar negeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar